Analisis Video Pembelajaran Simbol Pancasila Melalui Aplikasi Canva Kelas 1 SDN Plamongansari 02

Authors

  • Ahlul Mufid Himayanti Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang
  • Sri Wikyuni Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnct.v6i1.2265

Keywords:

Learning Videos, Canva, Pancasila Symbols

Abstract

Education is an important element in human life. various technological developments participate in the role of education. the use of technology is important to convey information as a learning medium. Processlearning is an arrangement of elements, including people, materials, facilities, equipment, and processes, which interact and communicate with each other to achieve learning objectives. From this study is to convey learning by utilizing video editing applicationCanva on learning the symbols of Pancasila. in this study, carried out by qualitative methods through observation and interviews. Pancasila symbols made using the Canva application. Learning Pancasila symbols through learning videos made with applicationsCanva effective for increasing students' understanding of Pancasila values. Students are more interested and easy to understand learning material when it is presented in an interesting and interactive video. Learning Pancasila symbols through videolearning made with Canva can be an effective choice to increase students' understanding of Pancasila values. The results of this study can be used as recommendations for teachers to develop more innovative and interesting learning media to increase learning effectiveness.

 

Pendidikan merupakan unsur penting dalam kehidupan manusia.  berbagai perkembangan teknologi ikut serta dalam peran pendidikan.  pemanfaatan teknologi menjadi hal penting untuk menyampaikan informasi sebagai media pembelajaran.  Proses pembelajaran adalah susunan unsur-unsur, termasuk orang, bahan, fasilitas, peralatan, dan proses, yang saling berinteraksi dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran..  tujuan dari kajian ini adalah untuk menyampaikan pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi edit video Canva pada pembelajaran simbol-simbol Pancasila.  dalam kajian ini, dilakukan dengan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara.  simbol-simbol Pancasila yang dibuat menggunakan aplikasi canva. Pembelajaran simbol-simbol Pancasila melalui video pembelajaran yang dibuat dengan aplikasi Canva efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila. Siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran ketika disajikan dalam bentuk video yang menarik dan interaktif.pembelajaran simbol-simbol Pancasila melalui Video pembelajaran yang dibuat dengan Canva dapat menjadi pilihan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila . Hasil kajian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi para guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

References

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279.

Azhari, A. (2015). Peran media pendidikan dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 43-60.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Mahanal, S. (2014). Peran guru dalam melahirkan generasi emas dengan keterampilan abad 21. In Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo (Vol. 1, pp. 1-16).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).

Farista, R., & Ali, I. (2018). Pengembangan video pembelajaran. Pengembangan Video Pembelajaran, 1-6

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Batusangkar, D. S. A. H. P., Batusangkar, D. S., & No, B. J. J. S. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102-118.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 tegalampel bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75-84.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1).

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J., & Husna, A. (2018). Pengembangan video pembelajaran kepenyiaran materi produksi program televisi untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229-236.

Febrianto, G. L., Sulton, S., & Praherdiono, H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 149-157.

Hayati, T. U. F. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 8-15.

Downloads

Published

2023-04-01

Issue

Section

Articles