Analisis pada Pelaku Bisnis dalam Rekrutmen Karyawan Marketing Digital di Kabupaten Sumenep

Authors

  • Mohammad Firlie Pranata Universitas Wiraraja
  • Nur Qoudri Wijaya Universitas Wiraraja
  • Moh. Baqir Ainun Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.35473/jibaku.v4i2.3194

Abstract

Indonesia has entered the era of digitalization, people are starting to trade digitally. Online markets are increasingly becoming a big hope for making quick profits, switching from convenience stores to online stores is becoming commonplace for business people. This is a challenge for business people to find human resources who are able to operate computers or can make sales online or what is called digital marketing. Digital marketing is expected to be able to promote existing products in a business in the digital world with the ability to dominate the digital market. Sumenep is a city that is geographically located at the eastern tip of Madura Island. Business actors in Sumenep are starting to switch to online markets which require digital marketing in their business ventures. The results of the discussion from the interviewees can be concluded that 75% of business actors in Sumenep Regency utilize the online market by retaining old employees and conducting training, while the other 25% by recruiting new employees.

Abstrak

Indonesia sudah memasuki era digitalisasi, masyarakat mulai berdagang secara digital. Pasar Online semakin menjadi harapan besar untuk mendapatkan keuntungan yang cepat, peralihan dari convenience store ke toko online menjadi hal yang lumrah bagi para pelaku usaha. Hal ini menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis untuk mencari sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan komputer atau dapat melakukan penjualan secara online atau yang disebut dengan digital marketing. Pemasaran digital diharapkan mampu mempromosikan produk yang ada pada suatu bisnis di dunia digital dengan kemampuan menguasai pasar digital. Sumenep merupakan kota yang secara geografis terletak di ujung timur Pulau Madura. Pelaku usaha di Sumenep mulai beralih ke pasar online yang membutuhkan pemasaran digital dalam usaha bisnisnya. Hasil pembahasan dari narasumber dapat disimpulkan bahwa 75% pelaku usaha di Kabupaten Sumenep memanfaatkan pasar online dengan cara mempertahankan pegawai lama dan melakukan pelatihan, sedangkan 25% lainnya dengan merekrut pegawai baru.

References

Yin, K. R. (2011). Study kasus: desain dan metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tini Utami, Evyana Diah Kusumawati, (2021) Kesiapan Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalam Menunjang Transportasi Laut Di Era Digital 3rd National Seminar on Maritime and Interdisciplinary Studies, Vol. 3, No. 1, September 2021, ISBN: 978- 623-98477-0-8 Politeknik Bumi Akpelni Semarang.

Moleong, L. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatanvolume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146. Hotana, M. S. (2018). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune,

(1), 28-38. Journal of Finance and Business Digital (JFBD) Vol.1, No.3 2022: 237-250 237.

Deri Firmansyah1*, Dadang Saepuloh2, Dede, 2022, Daya Saing Literasi Digital dan Transformasi Digital, 1STIE Pasim Sukabumi, 2Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang STMIK Al Fath Sukabumi.

Pranata, Wulansari dan Rohmaniyah 2022 Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Muda Di Koperasi Unija Sumenep.Kabilah: Journal of Social Community Print-ISSN: 2502- 9649 Online-ISSN: 2503-3603 Terakreditasi Nasional SK No.14/E/KPT/2019 Vol. 7

No.1 Juni 2022

Santy Permata Sari (2020), Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital, Universitas Flores, Ntt Scientific Journal Of Reflection: p-ISSN 2615-3009 Economic, Accounting, Management and Business e-ISSN 2621-3389, Vol. 3, No. 3, July 2020.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles