Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus UMKM Pengrajin Pandai Besi Kudus)
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v4i2.3333Abstract
Consumer purchase intention is a key factor influencing purchasing decisions in a competitive business environment. This study aims to analyze, evaluate, and identify the effects of social media marketing, price, and product quality on consumer purchase intentions in the blacksmithing SMEs in Kudus. Using quantitative techniques with a descriptive approach and a sample of 100 blacksmithing SMEs, the research findings indicate that social media marketing and product quality have a positive and significant impact on purchase intentions, while price has a negative and significant impact. Simultaneously, social media marketing, price, and product quality collectively have a positive and significant effect on consumer purchase intentions
Abstrak
Minat beli konsumen adalah faktor kunci yang memengaruhi keputusan pembelian dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengidentifikasi pengaruh pemasaran media sosial, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada UMKM pengrajin pandai besi di Kudus. Menggunakan teknik kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan sampel sebanyak 100 pengrajin pandai besi, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan harga memiliki pengaruh negatif dan signifikan. Secara simultan, pemasaran media sosial, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
References
Anggoro, B. A. D., Wiryawan, D., & Nabila, N. I. (2023). Pengaruh Dimensi Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Niat Beli Produk Domino’s Pizza Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 2(1: September), 63–76.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2012). Principles of Marketing: An Asian Perspective, Third edition. Pearson Education South Asia, 1–4.
Ayustina, R. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Dengan Online Customer Review Sebagai Variabel Moderasi pada Produk Pond’s (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Di Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Bahar, L. G. (2022). LKP: Penerapan Content Marketing untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Brand Awareness pada Cafe Mimik Baik Surabaya. Universitas Dinamika.
Bellia Annishia, F., & Prastiyo, E. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier the Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 4(1), 1–85.
Isnaini, S. I. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Melalui Pemasaran Media Sosial Facebook Terhadap. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 12(01), 223–236. https://mail.online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/17913%0Ahttps://mail.online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/download/17913/15305
Jumiati, Ashriana, A. N., Fitriyani, Z. A., & Pratiwi, E. C. (2023). Pengaruh Media Sosial, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Caption Home Mojokerto. Jurnal Ekobistek, 12(1), 495–499. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v12i1.448
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Mangkunegara, D. A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (14th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Mardiana, N. R. (2019). Analisa Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina. Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.
Permadi, R. N., Sari, M. R., & Prawitasari, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15–29.
Puspita, R., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Iklan, Harga, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 418–425. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta. Journal Of Management, Business And Education, 8(1), 92–103.
Shyreen, N., Astuti, D., & Noviyanti, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: kualitas produk, harga dan promosi (literature review smm). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 174–185. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.26
Solikhah, S. A., Crusma Fradani, A., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Toko Shaga Collection. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(03), 122–134. https://doi.org/10.58812/jekws.v1i03.473
Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh harga produk, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk smartphone samsung di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 919–928.
Tjiptono, F., Arli, D., & Bucic, T. (2014). Consumer confusion proneness: insights from a developing economy. Marketing Intelligence & Planning, 32(6), 722–734. https://doi.org/10.1108/MIP-05-2013-0082