Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Arista Mart 2 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.35473/jibaku.v4i2.3345Abstract
The aim of this research is to determine and explain the influence of Product Completeness and Service Quality on Consumer Satisfaction. The form of this research is quantitative research with a survey approach. This research data was obtained by distributing 100 questionnaires to respondents, regarding the Influence of Product Completeness and Service Quality on Consumer Satisfaction using a quantitative method with a sampling technique using incidental sampling. The results of this research show that (1) Product Completeness has a positive and significant effect on consumer satisfaction; (2) Service Quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction; (3) Product Completeness and Service Quality simultaneously have a positive and significant effect on consumer satisfaction.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan 100 kuesioner kepada responden, tentang Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel memakai sampling incidental. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kelengkapan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen; (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen; (3) Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
References
Aryani, D. (2011) ‘Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan’, ijil.ui.ac.id [Preprint]. Available at: http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jbb/article/download/632/617.
Ghozali, I. (2016) ‘Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya’.
Gilbert, D. (2003). Retail Marketing Management, Second Edition. Prentice Hall.
Hafidzi, A. (2013). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan pembelian pada minimarket jurnal EMBA.
Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 6(003).
Kotler, P. and Keller, K.L. (2009) Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Erlangga.
Kotler, P. and Keller, L. (2017) Marketing Manajement, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Shastri, A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Motor Paramitha Graha Denpasar. Jurnal EMBA, 2(2).
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sulastiyono. 2015 ;91. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2011) Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: CV. Andi.