Pola Komunikasi Pendidik dan Anak Usia Dini dalam Pembelajaran PAUD di Tasikmalaya

Authors

  • Imas Munisah UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS TASIKMALAYA

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1429

Keywords:

Komunikasi, Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi mengenai pola komunikasi antara pendidik dengan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di Lembaga PAUD di kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi pendidik dan anak usia dini didalam pembelajaran  PAUD di Tasikmalaya menggunakan pola komunikasi dua arah dan pola komunikasi banyak arah. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pola komunikasi pendidik dan anak usia dini dalam pembelajaran cukup baik. Sedangkan respons anak bervariatif, kesibukan anak dengan aktivitasnya sendiri menjadi sebuah hambatan bagi pendidik. Pendidik menyikapi respons anak begitu baik dengan menggunakan strategi diskusi dengan anak dengan tetap menghargai anak ketika anak memberikan informasi.

Abstract

The purpose of this study was to obtain information about the pattern of communication between educators and students in teaching and learning activities at PAUD institutions in the city of Tasikmalaya. This research is a descriptive qualitative research with data collection techniques namely observation, interviews and literature study. The results showed that the communication pattern of educators and early childhood in PAUD learning in Tasikmalaya used two-way communication patterns and multiple-way communication patterns. The research conducted shows that the communication pattern of educators and early childhood in learning is quite good. While children's responses varied, children's busyness with their own activities became an obstacle for educators. Educators respond to children's responses very well by using discussion strategies with children while respecting children when children provide information.

References

Azzahra, N. A., Hardika, H. and Kuswandi, D. (2019) ‘Pola Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), p. 137. doi: 10.17977/jptpp.v4i2.11917.

Bahri, H. (2018) ‘Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini’, Nuansa, 11(1). doi: 10.29300/nuansa.v11i1.1356.

Effendy, Onong Uchjana.(2003). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Heleni. (2003). Komunikasi Pendidik PAUD terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Se kecamatan Rumbai. 34(2), 14–19.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 48-49.

Kusumaningtyas, R. (2019). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pembelajaran Dan Pengelolaan Kelas Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Baki. Prosiding SENADIMAS Ke-4, 4, 1268–1274.

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Morreale, S. P., & Pearson, J. C. (2008). Why Communication Education is Important: The Centrality of the Discipline in the 21st Century, 57(2), 224–241. https://doi.org/10.1080/03634520701861713

Mulyana, D. (2002). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugrohoningsih, D. (2015) ‘Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(11), pp. 1–9.

Rafidhah, H. (2017) ‘Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, 3(1), pp. 45–58.

Robingatin, & Ulfah, Z. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak).

Sentosa, A. T. (2015). Pola Komunikasi Dalam Proses Interaksi Sosial di Pondok Pesantren Nurul Islam Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 3(3), 491–503.

Sholicha, H. P., Fatonah, S., & Susilo, E. (2015). Pola Komunikasi Antara Guru dan Murid Dalam Menyampaikan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 224–233.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Widjaja, A.(2008) Dasar Dasar Customer Relationship Management. Jakarta: Harvarindo.

Zahroh. (2002). Komunikasi dalam Pengasuhan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Munisah, I. (2022). Pola Komunikasi Pendidik dan Anak Usia Dini dalam Pembelajaran PAUD di Tasikmalaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 374–383. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1429

Issue

Section

Articles