Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

Authors

  • Aisyah Ani Muslimah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agustina Tyas Asri Hardini Kristen Satya Wacana University

DOI:

https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2593

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Tematik

Abstract

Abstract

By using a project-based learning (PjBL) model, this study aims to improve students' critical thinking skills in fifth grade. This research used PTKK (Collaborative Classroom Action Research) in the fifth grade of SD Negeri Kecandran 01 Salatiga, with 25 students. This class action study was run in two cycles. In general, this classroom action research begins with the Kemmis & Mc Taggart cycle, namely planning, implementation, observation, and reflection Arikunto et al., (2015). The results showed that the level of critical thinking in the class averaged 63% with an average cognitive score of 70. In cycle I, the level of critical thinking increased to 64.64% in the good category with an average cognitive score of 73, and increased again in cycle II with a class average for critical thinking completeness of 75% very good category, and a cognitive class average with a score of 83. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that learning with a project-based learning model is proven to improve the critical thinking skills of fifth grade students of Kecandran 01 State Elementary School in IPAS learning.

Abstrak

Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan PTKK (Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif) di kelas V SD Negeri Kecandran 01 Salatiga, dengan 25 siswa. Studi tindakan kelas ini dijalankan dalam dua siklus. Secara umum, penelitian tindakan kelas ini dimulai dengan siklus Kemmis & Mc Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Arikunto et al., (2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis di kelas rata-rata 63% dengan nilai rata-rata kognitif 70. Di siklus I, tingkat berpikir kritisnya meningkat menjadi 64,64% kategori baik dengan nilai rata-rata kognitif 73, dan meningkat kembali di siklus II dengan rata-rata kelas untuk ketuntasan berpikir kritis yakni 75% kategori sangat baik, dan rata-rata kelas secara kognitif dengan nilai 83. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model project based learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Kecandran 01 pada pembelajaran IPAS.

References

Anggono, Hayati, K., Dini, S., & Munawarah, M. (2022). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Metode Penelitian Akuntansi. Politeknik Ganesha Medan. https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/index

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Asta, Agung, & Widiana. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5637

Darmadi, & Hamid. (2015). Desain Dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Alfabeta.

Hapsari, Y. H. P. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SD Negeri Wirosaban. Janacitta, 5(2). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/1894

Hening, B. M., Saptaningrum, E., & Kiswoyo, K. (2018). Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JANACITTA, 1(2). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/44

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://www.researchgate.net/publication/342498143_Peningkatan_Kemampuan_Berpikir_Kritis_dalam_Pembelajaran_IPA_melalui_Pendekatan_Keterampilan_Proses

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17493

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1). https://www.neliti.com/id/publications/210251/metodedan-teknik-pengumpulan-data-dalam-penelitian-tindakan-kelas-classroomactio

Purwanti, K. Y., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis. JANACITTA, 1(1). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/17

Raditya, Kristiantari, & Suara. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5800

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10, 207–212. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382

Siswanto, J. (2023). Studi Komparasi Keefektifan Model PBL Dan AIR Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JANACITTA, 6(1), 1–7. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/2024

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryaman, M. (2020). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Taufiq, A. (2011). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar [Universitas Terbuka]. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4122

Yuliana, M., Ahmad, J., & Hidayati, Y. M. (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 154–160. https://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/216

Yustina, Y., Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The Effects of Blended Learning and Project-Based Learning on Pre-Service Biology Teachersâ€TM Creative Thinking through Online Learning in the Covid-19 Pandemic 408-420. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/24706

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Muslimah, A. A., & Agustina Tyas Asri Hardini. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning . JANACITTA, 6(2), 94–103. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2593

Issue

Section

Articles