Peran Guru dalam Membiasakan Hidup Sehat Melalui Cuci Tangan pada Anak Usia Dini

Authors

  • Yuyun Indah Sari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Na’imah Na’imah UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1623

Keywords:

Peran Guru, Hidup Sehat

Abstract

Today many children play in the mud or do unexpected activities, such as playing with mud and then eating without washing their hands first. This study aims to see the response of children before and after the habit of washing hands by the teacher. Data collection techniques using observation and interviews. Data analysis techniques used are data reduction and drawing conclusions. Checking the validity of the findings is divided into four stages, namely observation extension, observer bending, triangulation, and peer discussion. The results of the study indicate that there are several roles of teachers in making healthy living habits through hand washing such as the role of the teacher as a teacher, learning manager, education leader, and the teacher's role as an evaluator.

Abstrak
Dewasa ini banyak anak yang  bermain lumpur atau melakukan kegiatan yang tidak terduga, seperti bermain lumpur kemudian makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon anak sebelum dan sesudah dilakukan pembiasaan cuci tangan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara .Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan terbagi menjadi empat tahap yaitu perpanjangan pengamatan, ketekukan pengamat, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran guru dalam melakukan pembiasaan hidup sehat melalui cuci tangan seperti peran guru sebagai pengajar, pengelola pembelajaran, pemimpin pendidikan, serta peran guru sebagai evaluator.

References

Anufia, T. dan B. (2019). Instrumen pengumpulan data. 1–20.

Ismaniar. (2010). Metode- Metode Pengembangan Perilaku Hidup Sehat Anak Usia Dini. PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, X(2), 36–41. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2239

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Sari, Y. I. (2021). Peran Guru dalam Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Anak Usia Dini di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung. Jurnal Pendidikan Modern STIKIP Ngawi, 7(1), 13–19.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sidrap, S. P., & Yogyakarta, U. N. (2017). Peran guru ips sebagai pendidikan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggungjawab sosial siswa SMP. 4(1), 1–13.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

TEMA 19. (2021). Peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini. 6.

Yuliantin, S. (2019). Permainan Dan Bermain Di Paud. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, II(2), 200–2012.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Sari, Y. I., & Na’imah, N. (2022). Peran Guru dalam Membiasakan Hidup Sehat Melalui Cuci Tangan pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 403–407. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1623

Issue

Section

Articles