Multimedia Interaktif Dampak Gawai untuk Anak Usia Dini

Authors

  • fairuz akmal rabbani ARS UNIVERSITY

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.565

Keywords:

JURNAL

Abstract

Dalam proses mendidik anak, peran orang tua harus mempunyai kemampuan dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain gawai, menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, agar anak tidak merasa bosan dan jenuh. Orang tua perlu menerapkan aturan kepada anak-anaknya dalam menggunakan gawai. Untuk bisa memanfaatkan gawai dengan efektif harusnya sebagai orang tua bisa memahami dan menjelaskan mengenai konten yang ada pada gawai. Tanpa adanya pendampingan dari orangtua penggunaan gawai tidak akan berfokus pada apa yang diajarkan orangtua. Media pembelajaran ini ditujukan untuk kalangan anak dan orang tua. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampak gawai terhadap anak usia dini melalui media video audio dan visual, yang diharapkan mampu menjadi media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menambah wawasan terhadap orang tua dan anak sehingga diharapkan menambah pengetahuan anak dan orang tua terhadap media pembelajaran animasi interaktif yang sudah dirancang yaitu Multimedia tentang Dampak Gawai Terhadap Anak Usia Dini.

Author Biography

fairuz akmal rabbani, ARS UNIVERSITY

seorang mahasiswa

References

Anak usia dini (2014). http://ekacahyamaulidiyah.blogspot.com/2014/02/anak-usia-dini_6.html#:~:text=HAKIKAT%20ANAK%20USIA%20DINI&text=Masa%20kanak%2Dkanak%20adalah%20masa,tidak%20dapat%20hadir%20begitu%20saja.

Dampak (2011). http://repository.uin-suska.ac.id/16638/7/7.%20BAB%20II_2018375BPI.pdf

Gawai.(2016).https://www.kompasiana.com/kokodwiyanto/5a653ebacf01b47b47718a12/apa-itu-gawai

Gawai mengganggu hormon melatonin yang akan turut membuat tidur jadi terganggu. Sebuah riset dari Mayo Clinic di Arizona https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Mayo_Clinic&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search

Hubungan durasi penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, (2017).http://eprints.undip.ac.id/55141/

IBM SIMON gawai/smartphone pertama yang ada di dunia. (2018).

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/23/14205897/ini-6-fakta-menarik-ibm-simon-smartphone-pertama-di-dunia?page=all

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2015). https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

Metode penelitian menggunakan air terjun. (2016).,https://www.hendrisetiawan.com/2016/04/model-pengembangan-perangkat-lunak.html

Pengaruh smartphone terhadap pola interaksi sosial pada anak Balita di lingkungan keluarga pegawai UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Ilmiah dan Rekayasa Manajemen System Informasi (2016).http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/3529

Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (2016). http://repository.uinjkt.ac.id/

Perkembangan gawai dalam penggunaan yang sering kita lihat di lingkungan sekitar.(2018) https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/gawai/07/09/2018/gawai-dari-masa-ke-masa-dari-2-kg-hingga-teknologi-pengenal-wajah/Saputra Angga. (2016a). Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini., 1(3), 1–14.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

rabbani, fairuz akmal. (2021). Multimedia Interaktif Dampak Gawai untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.565

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.