Analisis Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Media Ecobrick

Analyze the Creativity of Children Age 5-6 Years Trough Using Ecobrick Media

Authors

  • Afinda Dwi Aprilian Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Nofan Zulfahmi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2789

Keywords:

kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Creativity is a process to discover and produce new things that can originate from anywhere. Children between the ages of 5-6 have a self-centered creative growth that can be stimulated by games and art. Using ecobriking media is one technique to help kids who are 5-6 years old develop their creativity more. Ecobrick are a plastic waste management innovation that contains small pieces of plastic waste in used plastic bottles wich are usually used as bricks to replace building materials and can be used as a learning medium. This aims to reduce plastics waste that is difficult to decompose.  This research aimed to analyze the creativity of children age 5-6 years through using ecobrick media. This research involved 18 children age 5-6 years as a participants. This research employed a qualitative-descriptive approach. The data were obtained by using data triangulations,an observation sheet, an interview, and documentation. The data analysis conducted using an interactive model by Miles and Huberman interactive model consist of data reduction, data display, conclusion drawing, and verifiying. The findings demonstrated that children show act of clean-up mentality and are capable to make creative work of a toy airplane, out of ecobrick media according to the indicators of creative thingking skills: fluency, flexibility, originality, and elaboration.

 

ABSTRAK   

Kreativitas adalah proses untuk menemukan dan mendatangkan hal baru yang dapat muncul dari mana saja. Perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun berpusat pada diri sendiri yang dapat distimulasi melalui pendekatan karya seni dan permainan. Salah satu upaya dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun yaitu pemanfaatan media ecobrick. Ecobrick merupakan inovasi pengelolaan limbah sampah plastik yang berisi potongan - potongan kecil sampah plastik ke dalam botol plastik bekas yang biasa dijadikan sebagai batu bata pengganti bahan bangunan dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas anak usia 5-6 tahun ditinjau dari media ecobrick. Subjek penelitian ini adalah 18 anak usia 5-6 tahun di TK Citra Kusuma Kecapi. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh adalah anak menunjukkan sikap menjaga kebersihan dan anak mampu membuat karya kreatif pesawat mainan dari media ecobrick berdasarkan indikator berpikir kreatif diantaranya, kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi.

References

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248. Dapat diakses melalui http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/578.

Aqil, D. I., Gayatri, A. M., & Sari, A. I. C. (2023, August). Ecobrick is Reviewed as the Source of Learning, Creativity, and Environmental Care Attitude. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 79-91). Atlantis Press. Dapat diakses melalui https://www.atlantis-press.com/.

Artati, R. (2023). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Terhadap Perkembangan Kreativitas Peserta Didik. EDU RESEARCH, 4(2), 43-59.Edu Research, 4(2), 43-59. Dapat diakses melalui http://iicls.org/index.php/jer/article/view/104.

Siombo, M. R., & SH, M. (2019). Dasar-Dasar Hukum Lingkungan dan Kearifan Lokal Masyarakat. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta, hal 56. Dapat diakses melalui http://www.atmajaya.ac.id.

Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK). (2022) . Dapat diakses melalui https://sipsn.menlhk.go.id/.

Elvania, N. C., Margianti, Y. S., Abrori, A. N., Duanda, A., & Asriva, H. (2023). Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Sampah Plastik. Surya Abdimas, 7(4), 696-703. Dapat diakses melalui https://ebook.umpwr.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3433.

Kusuma, A., Herawati, S., Sarwiti, S., & Kholifah, S. (2023). Penggunaan Ecobrick Sebagai Media Pembelajaran Anak Prasekolah di PAUD Kendedes. Jurnal Anak Bangsa, 2(2), 279-288. Dapat diakses melalui http://jas.lppmbinabangsa.ac.id/index.php/home/article/view/47.

Manik, M., Ursulla, R., & Berlianti, B. (2023). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Pengembangan Kreativitas di SD Negeri 064984. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 313-317. Dapat diakses melalui https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/6912/3372.

Palupi, W., Wahyuningsih, S., Widiyastuti, E., Nurjanah, N. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Pemanfaatan Ecobricks Sebagai Media Pembelajaran Unazirntuk Anak Usia Dini. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(1). Dapat diakses melalui https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi/article/view/37624.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Dapat diakses melalui https://repositori.kemendikbud.go.id.

Pertiwi, A. (2022). Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Media Kreativitas Anak Di Kampung Cahaya. Al-Umron: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-42. Dapat diakses melalui https://journal.unugiri.ac.id/index.php/al-umron/article/view/1445.

Salwa, N. Z., & Aini, R. (2023). Smart Parenting dalam Membentuk Karakter Anak di Era Digital. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 113-124. Dapat diakses melalui https://journal.unugiri.ac.id/index.php/abata/article/view/1815.

Septianingsih, N. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas (Penelitian Tindakan di PAUD DARU AL-AZKIA, Curugbarang Cipeucang Pandeglang Banten) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2467.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Dapat diakses melalui https://peraturan.bpk.go.id.

Utami, M. I., & Ningrum, D. E. A. F. (2020). Proses Pengolahan Sampah Plastik di UD Nialdho Plastik Kota Madiun. Indonesian Journal of Conservation, 9(2), 89-95. Dapat diakses melalui http://repository.uin-malang.ac.id/9426/.

Wijaya, Hengki.Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. (2018). (n.p.): Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Dapat diakses melalui https://books.google.co.id.

Yusiyaka, R. A., & Yanti, A. D. (2021). Ecobrick: Solusi Cerdas dan Praktis Untuk Pengelolaan Sampah Plastik. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 68-74. Dapat diakses melalui https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30819.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Afinda Dwi Aprilian, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2024). Analisis Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Media Ecobrick : Analyze the Creativity of Children Age 5-6 Years Trough Using Ecobrick Media. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 78–85. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2789

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.